goodie bag ramah lingkungan

21 Januari 2014

goodie bag ramah lingkungangoodie bag ramah lingkungan

Pentingnya Penggunaan Goodie Bag Ramah Lingkungan Dalam Masyarakat

Sampai saat ini, penggunaan goodie bag ramah lingkungan masih terbatas pada kalangan terbatas. Padahal maraknya kampanye penggunaan plastik tak berbahaya sepertinya sudah banyak menyentuh banyak lapisan masyarakat. Hal ini tentunya menimbulkan satu pertanyaan penting. Benarkah masyarakat kita peduli dengan masalah lingkungan?

Faktor-faktor Penghambat

Untuk menyebutkan goodie bag sebagai indikator kepedulian lingkungan pastinya tak akan cukup.Ada beberapa faktor yang cenderung menghambat tujuan dari kepedulian lingkungan tersebut. Faktor-faktor ini antara lain ialah biaya produksi goodie bag, sosialisasi, dan gaya hidup. Ketiga faktor tersebut bisa saling mempengaruhi dan terkait satu sama lainnya.

Biaya Produksi

Nah, persoalan biaya selalu menjadi hal klise yang tak pernah menemui titik penyelesaian. Jika dibandingkan dengan tas plastik biasa, goodie bag memang cenderung lebih mahal. Tetapi perbedaan harga tersebut tidaklah signifikan karena beberapa toko atau perusahaan kecil/menengah pun memproduksinya. Bahkan mereka sengaja menyediakan goodie bag sebagai bagian konsep pemasaran sekaligus promosi. Menyematkan logo atau nama perusahaan di setiap goodie bag adalah satu proses pencitraan dan identifikasi yang efektif. Apalagi jika goodie bag tersebut akan sangat berguna untuk kebutuhan lain dari para konsumen. Berbeda jika misalnya kita bandingkan dengan tas plastik yang sering dipakai untuk membungkus benda-benda bekas atau sampah. Sedangkan keberadaan tas-tas plastik tersebut pada akhirnya akan berujung pada limbah yang menumpuk.

Sosialisasi

Faktor sosialisasi menjadi penentu dari popularitas goodie bag. Jika kita sering mengamati kampanye tentang lingkungan, seolah-olah sudah banyak lapisan masyarakat yang tersentuh. Apalagi dengan pemberitaan dari media-media mainstream mengenai berbagai kampanye tersebut. Tetapi kita bisa menggunakan logika paling sederhana. Untuk apa mempromosikan sesuatu di jaringan yang sudah mengetahui pesan dan makna dari promosi kita? Selama ini, kampanye lingkungan hidup hanya menjadi pesan-pesan sloganistik yang cenderung terbatas pada beberapa komunitas saja. Padahal, sosialisasi yang paling efektif ialah ketika setiap elemen masyarakat bertanggung jawab dan berperan aktif demi tujuan utama. Goodie bag merupakan salah satu bagian kecil (namun penting) dalam menyebarkan pesan kepedulian lingkungan.

Gaya Hidup

Hal terakhir adalah gaya hidup yang berkembang di masyarakat. Jika dibandingkan dengan negara-negara lain, tingkat pendapatan dan kebutuhan gaya hidup di Indonesia bisa dikatakan sudah hampir sama. Namun, kemajuan dari masyarakat yang ingin dikatakan modern di Indonesia berbanding terbalik dengan gaya hidup. Masih banyak kalangan masyarakat dari kelas menengah yang justru bertanggungjawab dengan perangkat-perangkat modern masih saja bersikap terbelakang ketika memaknai konsep ramah lingkungan. Buang sampah sembarangan di jalanan adalah satu contoh kecil yang sering terjadi. Parahnya, sampah yang dibuang adalah tas plastik yang tak bisa diurai oleh lingkungan. Dan masih banyak contoh lainnya yang sangat ironis ketika sebagian besar masyarakat Indonesia ingin dianggap sebagai komunitas modern.

 



Baca juga
  »
21 Januari 2014
pabrik tas shoping bag murah
pabrik tas shoping bag murah

  »
21 Januari 2014
produsen tas laundry untuk hotel
produsen tas laundry untuk hotel

  »
21 Januari 2014
produsen shoping bag untuk kemasan barang
produsen shoping bag untuk kemasan barang

  »
21 Januari 2014
desain dan gambar goodie bag kreatif
desain dan gambar goodie bag kreatif

  »
21 Januari 2014
pesan goodie bag untuk souvenir ultah
pesan goodie bag untuk souvenir ultah